Kala Mentan Amran Garuk Sawit Tua di Jambi

Kala Mentan Amran Garuk Sawit Tua di Jambi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengoperasikan ekskavator sebagai tanda peremajaan kelapa sawit di di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi. Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAMBI - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengoperasikan ekskavator sebagai tanda peremajaan kelapa sawit di di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Senin (10/9).

Amran awalnya mendarat menggunakan helikopter di desa tersebut. Turut di antaranya anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil, Bupati Muaro Jambi Masnah Busroh, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar, Asisten Teritorial KASAD Mayjen TNI Supartodi dan Wakapolda Jambi Brigjen Ahmad Haydar.

Setelah tiba di lokasi, Amran yang mengenakan kemeja putih polos itu langsung menuju ekskavator. Dia mengoperasikan mesin itu menggaruk pohon sawit yang sudah tua di dekatnya.

Amran mengatakan, pihaknya mendorong peremajaan kelapa sawit di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

Peremajaan sawit, jelas Amran, bagian untuk menjaga komoditas strategis.

Sebab, secara nasional terdapat 14,03 juta hektare lahan sawit di Indonesia, dengan luasan sawit rakyat 5,61 juta hektare, di mana 2,4 juta hektare di antaranya perlu peremajaan.

“Sawit masih menjadi komoditas ekspor terbesar Indonesia dengan volume ekspor 2017 sebesar 33,52 juta ton CPO senilai USD 21,26. Tindakan peremajaan ini sangat penting dilakukan untuk menjaga produktivitas sawit, dan yang terpenting untuk keberlangsungan pendapatan petani di masa depan,” kata Amran. (tan/jpnn)


Kementerian Pertanian mendorong peremajaan kelapa sawit di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News