Kalbar Kekurangan 8.000 Guru

Kalbar Kekurangan 8.000 Guru
Kalbar Kekurangan 8.000 Guru
PONTIANAK - Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Barat Alexius Akim mengakui, saat ini Kalimantan Barat masih kekurangan sekitar 8.000 tenaga kerja guru. ”Ini persoalan klasik. Tak hanya di Kalbar, di daerah lainnya juga demikian,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Alexius Akim beberapa waktu lalu usai mengikuti rapat koordinasi antar SKPD SMK di Pontianak,

Dia mengungkapkan, sejak dulu hingga sekarang, jumlah guru di Kalbar memang belum memadai. Jika melihat dari kategori guru kelas, jumlah kekurangan guru di Kalbar tergolong banyak, mencapai 8.000 orang, mulai dari tingkat SD sampai dengan SLTA sederajat.

“Untuk tingkat SD saja, kekurangannya sampai lima ribuan orang. Belum lagi jika memperhitungkan adanya pensiun massal guru pada 2011-2012 yang mencapai seribu orang,” ungkap dia.

Menurut dia, diantara semua daerah, wilayah perbatasan adalah tempat yang paling sedikit memiliki tenaga guru. Kekurangan guru terbesar di tingkat sekolah daerah perbatasan. Upaya yang dilakukan nantinya, bila tahun ini ada penerimaan baru maka akan banyak ditempatkan di daerah tersebut. Tujuannya agar IPM dan tingkat pendidikan di Kalbar merata.

PONTIANAK - Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Barat Alexius Akim mengakui, saat ini Kalimantan Barat masih kekurangan sekitar 8.000 tenaga kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News