Kalla Bela Yusril

Kasus Sisminbakum

Kalla Bela Yusril
Kalla Bela Yusril
JAKARTA - Semakin banyak pihak menilai bahwa kasus Sistim Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) tidak layak dipidanakan. Wapres RI 2004-2009 Jusuf Kalla (JK) menilai pemerintah tidak bisa memidanakan kebijakan yang berlaku pada kondisi saat itu.

"Tidak boleh kita menghukum seseorang dengan peristiwa waktu itu," kata Kalla, saat buka bersama dengan Yusril Ihza Mahendra, tersangka kasus Sisminbakum di hotel Sahid, Jakarta, kemarin (23/8).

Menurut Kalla, penerapan Sisminbakum pada tahun 2006 sangat menguntungkan negara. Sisminbakum ketika itu adalah solusi efisiensi proses perizinan usaha. Dengan Sisminbakum, arus izin usaha bisa dipangkas, sehingga setiap perusahaan bisa segera berdiri dan berinvestasi di Indonesia. "Ini niatnya baik," kata Kalla.

Menurut Kalla, dirinya menaruh kepercayaan kepada Yusril atas kebijakannya. Melihat kebijakan Sisminbakum, kata Kalla, tidak bisa dilihat pada kondisi negara dengan investasi saat ini. "Kebijakan itu menyelamatkan bangsa ini," ujar Kalla.

JAKARTA - Semakin banyak pihak menilai bahwa kasus Sistim Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) tidak layak dipidanakan. Wapres RI 2004-2009 Jusuf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News