Kalteng Putra vs Persiba Balikpapan: Incar Poin Perdana

Kalteng Putra vs Persiba Balikpapan: Incar Poin Perdana
Pelatih Persiba Wanderley Junior. Foto: kaltimpost/jpg

jpnn.com, PALANGKARAYA - Persiba Balikpapan mengawali Liga 2 2018 dengan berat. Pasalnya, pada dua laga awal, tim berjuluk Beruang Madu ini harus melakoni pertandingan away yang bakal menguras energi.

Sebelum menyambangi markas Persiwa Wamena pada 30 April mendatang, Bryan Cesar dkk lebih dulu menjalani laga derbi Borneo, sua Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Rabu (25/4) sore ini pukul 16.00 Wita.

Mencuri poin di markas Kalteng Putra tentu bukan pekerjaan mudah. Sebab sejak musim lalu, Laskar Isen Mulang julukan Kalteng Putra kerap jadi kuda hitam dan nyaris lolos ke kasta tertinggi. Sayang, langkahnya terhenti di babak delapan besar Liga 2 2017 karena kalah bersaing dengan Martapura FC dan PSMS Medan.

Di fase pramusim, Persiba juga sudah merasakan kekuatan Enggang Borneo julukan lain dari Kalteng Putra. Menjalani partai ekshibisi bertajuk home away, Beruang Madu dipaksa menyerah 0-1 dari Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, 21 Maret lalu. Anak asuh Wanderley Machado Da Silva Junior bahkan tidak mampu membalas kekalahan tersebut di depan pendukung sendiri.

Tampil di Stadion Batakan Balikpapan, 25 Maret, mereka dipaksa puas bermain imbang kaca mata alias 0-0. Tugas Wanderley mencuri poin pertama musim ini semakin berat karena tren permainan anak asuhnya sedang menurun.

Usai mengangkat trofi Battle of Borneo, 4 Maret lalu, berkat menang 2-0 atas PSM Makassar dan unggul 1-0 atas Mitra Kukar, anak-anak Kota Beriman seolah larut dalam euforia. Mereka harus menyerah 0-6 dari lawan yang sama, PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, 17 Maret lalu. Serta menyerah 2-3 di depan publik sendiri saat menjamu PSS Sleman, 31 Maret lalu.

Meski demikian, Wanderley tetap berani mIemasang target poin absolut saat kembali menyambangi Stadion tuah Pahoe, sore ini. Eks juru taktik Persipura Jayapura ini mengaku, sudah mengantongi peta kekuatan lawan. Mulai gaya permainan serta kelemahan Taufik Kasrun dkk.

Berkaca dari dua laga ekshibisi, Kalteng Putra dinilai sering memainkan bola panjang. Mereka sesegera mungkin memindahkan bola dari belakang ke penyerang. Cara ini bisa diantisipasi dengan mematikan pergerakan striker dari sentuhan pertamanya. “Dari dua pertemuan kemarin, mereka sering umpan panjang mencari striker. Besok (sore ini) kami harus antisipasi itu,” tegas Wanderley.

Persiba Balikpapan mengawali Liga 2 2018 dengan berat. Pasalnya, pada dua laga awal, tim berjuluk Beruang Madu ini harus melakoni pertandingan away.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News