Kang Emil: TMP Digandrungi Anak Muda Karena...

Kang Emil: TMP Digandrungi Anak Muda Karena...
Ridwan Kamil, Maruarar Sirait, Yenny Wahid saat mengikuti Kirab Kebangsaan bertema 'Muda, Merah-Putih Pasti Keren' yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) di GOR Rawamangun Jakarta Timur, Minggu (9/4). FOTO: Dok. TMP

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota Bandung yang juga tokoh pemuda Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, organisasi kemasyarakan Taruna Merah Putih (TMP) kini telah menjadi organisasi yang terus digandrungi anak-anak muda Indonesia.

Menurutnya, TMP kini menjadi tempat bernaung anak-anak muda menyalurkan kreasinya karena memiliki figur panutan yang layak dicontoh.

“TMP ini saya kira sebagai tempat menyalurkan rasa pembelaan terhadap hal-hal yang selama ini kita anggap biasa saja. Karena ada tekanan terhadap Pancasila belakangan ini misalnya, mereka ada di baris depan. Saya kira gerakan kirab kebangsaan ini perlu mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat,” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil saat mengikuti Kirab Kebangsaan bertema 'Muda, Merah-Putih Pasti Keren' yang digelar TMP di GOR Rawamangun Jakarta Timur, Minggu (9/4).

Sejumlah tokoh nasional tampak hadir dalam acara itu seperti Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Tokoh Perempuan NU Yenny Wahid, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dan Ketua TMP Maruarar Sirait dan Panitia Acara Brando Susanto. Hadir juga dari pimpinan ormas seperti Banser NU, AMPI, Garda Nasdem dan masih banyak lagi dan bersama sekitar 10 massa dalam parade budaya itu.

Menurut Emil, TMP dibawah kepemimpinan Maruarar Sirait telah mampu menjadikan organisasi itu menjadi contoh dan panutan dalam mengekseleralasikan inspirasi anak-muda lainnya di Indonesia.

Terkait dengan sosok Maruarar, Kang Emil mencontohkan, sama seperti orang Jawa Barat yang sangat peduli terhadap perbedaan. Hal itu terlihat bagaimana orang Bali, Batak dan suku lain bisa mewakili warga Sunda di Parlemen.

“Jawa Barat ini sebagai contoh daerah yang menanamkan pluralisme. Lihat saja Bang Ara (Maruarar Sirait) berapa kali terpilih sebagai anggota DPR dari dapil Subang dengan suara terbanyak pula. Jarang-jarang terjadi seperti itu,” katanya.

Kata Emil, hal ini membuktikan bahwa orang Sunda atau Jawa Barat sangat terbuka bagi siapa saja. Menurutnya, siapa pun orang yang punya kapasitas8 akan selalu dibela dan didukung warga Jabar.

Wali Kota Bandung yang juga tokoh pemuda Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, organisasi kemasyarakan Taruna Merah Putih (TMP) kini telah menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News