Kangen Masakan Khas Nusantara di Tiongkok, Mampirlah ke Sini

Kangen Masakan Khas Nusantara di Tiongkok, Mampirlah ke Sini
Restoran Wonderful Indonesia yang di Tiongkok ini menyediakan segala jenis makanan nusantara standar lidah Indonesia. Foto: indonesianewstand.com

jpnn.com - HEFEI – Kangen masakan Indonesia saat Anda berwisata di Negeri Tembok Raksasa Tiongkok? Kini tidak masalah lagi. Silakan datang ke Victory Road No 10, Yaotai Disctric, Hefei City, Provinsi Anhui, Tiongkok. 

“Di sana ada Wonderful Indonesia Restaurant! Makanannya standar lidah Indonesia,” ucap Menpar Arief Yahya, saat meresmikan beroperasinya resto di Hefei, Sabtu, (16/4).

Sate ayam, sate kambing, rendang, gado-gado, pecal madiun, sop buntut, oseng kangkung, terong balado, dan camilan khas Nusantara ada di sana. Camilan khas nusantara, seperti klepon, cenil, kue lapis, dan lainnya juga tersedia.

Ini adalah satu-satunya restoran dengan 30 ikon masakan nusantara yang turut mempopulerkan brand Wonderful Indonesia. Nama restorannya saja sudah Wonderful Indonesia. 

Pilihan menunya pun khas Nusantara, dengan dua orang chef yang diimpor dari STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung. Sekolah yang dibina langsung oleh Kemenpar, selain STP Bali, Akpar Medan, Akpar Makassar, dan dua lagi yang tengah proses pendirian, Politeknik Pariwisata Lombok, dan Palembang.

Kedua ahli masakan itu, adalah Muhammad Nurrohman dan Rusna, yang dikontrak khusus untuk menularkan resep menu-menu Indonesia. Satu bulan mereka bertugas di Hefei, nanti diganti oleh chef baru yang sama-sama pengajar di STP Bandung.

“Diplomasi kuliner adalah langkah cerdik untuk memperkenalkan buah karya budaya masakan Indonesia ke pasar Tiongkok. Sekaligus promosi Wonderful Indonesia melalui selera lidah,” kata Arief Yahya. 

Mantan Dirut PT Telkom ini menjelaskan, ada 1.000 jenis kuliner Indonesia dari semua daerah dari Sabang sampai Merauke. Jumlah itu akan terus berkembang, karena masakan itu termasuk creative industry yang sangat dinamis. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News