Kanker Payudara Masih Mendominasi

Kanker Payudara Masih Mendominasi
Kanker Payudara Masih Mendominasi
JAKARTA - Menyambut hari ibu yang dirayakan Kamis (22/12), Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) merangking penyakit-penyakit yang sering mendera kaum ibu. Posisi pertama masih diduduki kanker payudara. Disusul kemudian Systemic Lupus Eritematosus (SLE), lalu Irritable bowel Syndrome (IBS).

 

Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI Ari Fahrial Syam di Jakarta kemarin menuturkan, kecenderungan kanker payudara masih tinggi bisa merujuk pada rekaman data system informasi rumah sakit (SIRS) periode 2007 silam. Waktu itu, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh rumah sakit di negeri ini. Prosentasenya mencapai 16,85 persen.

Ari melanjutkan, angka kejadian kanker payudara saat ini diperkirakan 39 per 100 ribu penduduk. "Seperti juga kanker lainnya, prinsip penanganan kanker semakin dini ditemukan semakin mudah untuk diobati," katanya.

Ari menyayangkan sikap sebagian perempuan yang masih belum optimal mendeteksi keberadaan kanker payudara. Ari menjelaskan, payudara sejatinya adalah organ yang berada di laur bagian tubuh, sejatinya akan lebih mudah melakukan deteksi dini dengan program SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

 

JAKARTA - Menyambut hari ibu yang dirayakan Kamis (22/12), Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) merangking

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News