Kantongi Paspor, Suu Kyi Segera ke Luar Negeri

Kantongi Paspor, Suu Kyi Segera ke Luar Negeri
Kantongi Paspor, Suu Kyi Segera ke Luar Negeri
YANGON - Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (LND) yang menjadi oposan bagi penguasa Myanmar, Selasa (9/5) kemarin mengumumkan bahwa pimpinan mereka, Aung San Suu Kyi resmi memiliki paspor Myanmar. Dengan demikian, Suu Kyi yang dikenal sebagai pejuang pro-demokrasi itu bakal bisa melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya sejak 24 tahun terakhir.

Suu Kyi yang kini berusia 66 tahun, telah menjadi tahanan rumah selama 14 tahun terakhir di rumahnya di ibu kota Myanmar, Yangon, atas perintah junta militer yang berkuasa. Suu Kyi baru dibebaskan pada November 2010.

Setelah permohonan pembuatan paspornya disetujui oleh pemerintah Myanmar saat ini, Suu Kyi akan berangkat ke Oslo, Norwegia. Suu Kyi akan secara langsung menerima hadiah Nobel Perdamaian yang dianugerahkan padanya tahun 1991 lalu.

 

“Kami diberitahu hari Jumat lalu bahwa Daw Suu telah mendapatkan paspornya. Paspor itu sudah ditangannnya sekarang,” Nyan Win, juru bicara NLD, mengatakan kepada AFP.  Daw adalah sebutan untuk orang yang dihormati di Myanmar.

YANGON - Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (LND) yang menjadi oposan bagi penguasa Myanmar, Selasa (9/5) kemarin mengumumkan bahwa pimpinan mereka,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News