Kapal Tempur TNI AL Karya Anak Bangsa Ini Sedang Diuji Coba, Sangar!

Kapal Tempur TNI AL Karya Anak Bangsa Ini Sedang Diuji Coba, Sangar!
Kapal cepat tenpur D-18 saat uji coba di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/11/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

jpnn.com, JAKARTA - Kapal tempur D-18 karya anak bangsa sedang menjalani uji coba di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/11).

Uji coba kapal tempur buatan PT. Tesco Indomaritim itu disaksikan Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono didampingi Aslog Kasal Laksda TNI Agus Santoso, Kadismatal Laksma TNI Widiyantoro, dan Komandan Pasmar  Brigjen TNI Mar Hermanto.

Uji coba itu untuk melihat kecanggihan performa dan kelincahan kapal cepat itu.

Kapal cepat berbadan dari aluminium D-18 itu dilengkapi dengan senjata sedang jenis mitraliur 12,7 mm yang memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan.

Tugas kapal ini yaitu melakukan operasi keamanan laut, peperangan khusus antiteror, dan kegiatan infiltrasi melalui, serta dirancang untuk mampu melaksanakan SAR.

Kapal ini dapat bermanuver berbelok dengan tiba-tiba dan bermanuver zig-zag sampai kecepatan 43 knots, cukup untuk melaksanakan patroli dan pengejaran kapal-kapal pelaku tindak ilegal. 

Selain itu, kapal dengan panjang 18 meter, lebar 4,5 meter, sarat kapal 0,8 meter, dan bobotnya 22 ton serta kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3.600 liter ini dilengkapi sistem persenjataan yang mampu mengusung sepucuk senapan mesin berat 12,7mm.

Alternatif lain dapat dilengkapi sistem RCWS CROWS yang bisa dipasangi sepucuk M2HB atau pelontar granat Mk19 Mod 0. Kapal tempur ini dioperasikan hanya dengan empat ABK dan mampu membawa total 22 orang pasukan, yang dapat didaratkan di pantai melalui pintu di lunas kapal itu.

Uji coba kapal tempur D-18 dilakukan untuk melihat kecanggihan performa dan kelincahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News