Kapolda Metro Jaya Apresiasi Sikap MUI Tak Ikut Aksi Bela Islam III

Kapolda Metro Jaya Apresiasi Sikap MUI Tak Ikut Aksi Bela Islam III
Pengurus MUI saat menerima pimpinan Polri di Kantor Pusat MUI di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/11). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan mengapresiasi sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mendukung langkah Polri dalam penuntasan kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta (nonaktif), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Kami sambut baik langkah tersebut. Apalagi, proses hukum Pak Ahok memang tengah berjalan,” ujar Iriawan di Jakarta, Jumat (18/11).
 
Kapolda juga merespons pernyataan Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin yang mengatakan pihaknya tidak mau dikaitkan dengan rencana Demo 2 Desember atau Aksi Bela Islam III. "Kami apresiasi sikap tersebut," tandas Iriawan.

Sebelumnya, KH Ma'ruf mengatakan MUI bukan pihak yang mendukung gerakan tersebut. Namun demikian, dia memastikan MUI tetap melihat ucapan Ahok mengenai surah Almaidah 51 sebagai penistaan agama.

"Kasus ini juga tidak ada kaitannya beliau (Ahok) etnis atau kepercayaan. Ini masalah hukum semata. Karena itu kami minta kepada saudara-saudara kami, supaya masalah ini disikapi secara proporsional,” ujarnya. 

Sebelumnya, ajakan untuk tidak menggelar demo lanjutan juga pernah diungkapkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj menyerukan kepada seluruh warga Nahdlatul Ulama agar tidak melakukan aksi unjuk rasa lanjutan terkait persoalan Ahok.

Senada disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Haedar Nashir. PP Muhammadiyah meminta kepada umat Islam untuk berlapang hati menerima hasil proses hukum tersebut, serta mengawal dengan seksama agar hukum tetap tegak dan pada proses selanjutnya di pengadilan.

“Semua elemen bangsa harus bersama-sama menjaga dan memelihara kebhinekaan, ketertiban dan kedamaian, serta tetap menjaga toleransi,” kata Haedar. (adk/jpnn)


JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan mengapresiasi sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mendukung langkah Polri dalam penuntasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News