Karena Pilkada, Ratusan Tewas

Karena Pilkada, Ratusan Tewas
Karena Pilkada, Ratusan Tewas
JOS - Nigeria kembali berdarah. Gara-gara bersengketa soal hasil pemilihan lokal di Jos, ibu kota Negara Bagian Plateau, dua kelompok etnis berbeda agama baku bunuh sejak Jumat pagi waktu setempat. Akibatnya, ratusan orang meninggal. Masjid, gereja, serta puluhan rumah dibakar.

Seperti dilaporkan Associated Press, dari pihak muslim saja, sekitar 300 orang tewas. Itu dihitung dari jumlah jenazah yang berhasil dikumpulkan di masjid terbesar di kota tersebut. Menurut imam masjid itu, Sheikh Khalid Abubakar, masih ada 183 jenazah lainnya yang tergeletak di sekitar masjid.

Itu belum termasuk mereka yang terbunuh di perkampungan Kristen yang belum bisa dievakuasi. Korban meninggal di pihak Kristen belum diketahui. Begitu juga jumlah pasti mereka yang terluka.

Palang Merah Nigeria memperkirakan, sekitar tujuh ribu warga harus mengungsi ke gedung-gedung pemerintah atau barak tentara. Sedangkan pejabat senior kepolisian setempat menyatakan bahwa kerusuhan tersebut membara di lima wilayah di Jos. Sejauh ini, sudah 523 yang ditahan.

JOS - Nigeria kembali berdarah. Gara-gara bersengketa soal hasil pemilihan lokal di Jos, ibu kota Negara Bagian Plateau, dua kelompok etnis berbeda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News