Karena Santos Adalah Rumah Robinho

Fenomena Hengkangnya Bintang dari Eropa

Karena Santos Adalah Rumah Robinho
Karena Santos Adalah Rumah Robinho

jpnn.com - LONDON - Musim 2014-2015 dibuka dengan eksodus sejumlah bintang ke luar Eropa. Ada yang memilih klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat (AS), ada pula yang memilih pulang ke kampung halaman.

Padahal, para pemain bernama besar yang memilih meninggalkan Eropa itu sejatinya belum benar-benar habis. David Villa, misalnya, yang pindah ke New York City dari Atletico Madrid.

Di usia 32 tahun, top scorer tim nasional Spanyol sepanjang masa itu setidaknya masih bisa menjadi pelapis di klub elite Benua Biru seperti yang dia jalani musim lalu bersama Atletico Madrid.

Namun, Villa akhirnya memutuskan hengkang ke klub yang sebagian besar sahamnya dikuasai City Football Group (pemilik Manchester City) tersebut. Villa menampik anggapan bahwa motif kepindahannya hanya karena uang. Apalagi karena tergiur hidup glamor di kota terbesar di AS itu.

"Saya datang ke sini karena alasan-alasan yang berhubungan dengan olahraga ini. Tidak ada yang lain. Jujur saja, hidup di New York rasanya bakal sama seperti hidup di tempat lain. Jadi, lingkungan kota tidak mempengaruhi saya untuk bergabung ke klub ini," kata Villa seperti dikutip Goal.

Setelah sukses memenangi Primera Division kali pertama selama 18 tahun, Atleti - julukan Atletico Madrid - memang tidak memasukan Villa dalam rencana jangka panjang mereka.

Masuknya bomber Mario Mandzukic dari Bayern Muenchen plus preferensi sang entrenador, Diego Simeone, terhadap pemain muda binaan akademi membuat ruang bagi Villa bakal semakin sempit.

Di lain pihak, Villa juga tertarik dengan proyek yang ditawarkan klub barunya. "Tim ini datang kepada saya dan menyodorkan proyek besar. Saya langsung ingin menjadi bagian. Saya kira ini adalah waktu yang tepat," katanya.

LONDON - Musim 2014-2015 dibuka dengan eksodus sejumlah bintang ke luar Eropa. Ada yang memilih klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat (AS),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News