Karyawan PTPN II dan Warga Bentrok

14 Luka-luka, 4 Diamankan Polisi

Karyawan PTPN II dan Warga Bentrok
Karyawan PTPN II dan Warga Bentrok
PERCUT SEITUAN - Bentrok antara karyawan PTPN II dengan warga penggarap lahan yang bernaung dalam Kelompok Forum Tani Sejahtera kembali pecah, Sabtu (22/1) pukul 09.00 WIB, di lahan PTPN II, Pasar III Desa Bandar Klippa, Percut Seituan, Sumut. Akibat bentrok tersebut, 10 karyawan PTPN II dan 4 warga luka-luka dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Sembilan karyawan PTPN II yang terluka terkena soda api masing-masing Erwin (40), warga Batang Kuis; Syahrial (45), warga Dusun IV, Bah Jambi; Massa Ginting (45), warga Tanjung Morawa; Supriadi (43), warga Tanjung Morawa; Sapar (35), warga Bandar Klippa; dan Hariyanto (40), warga Helvetia. Juga ada Idham (54), warga Bandar Klippa; Jatmiko (52), warga Batang Kuis: Rasid Dalimunthe (47), warga Bandar Klippa, serta Asnan (40), warga Batang Kuis. Empat warga lainnya yakni Mispan alias Panjang (35), Paino, Robert dan Kepeng. Sedangkan tiga warga, Darma alias Nanang, Hariono alias Jojon, dan Hariyadi alias Pingul, diamankan polisi untuk dimintai keterangan.

Keterangan yang dihimpun, bentrok bermula ketika karyawan PTPN II menebangi ubi dan jagung yang ditanam warga penggarap untuk melakukan penanaman bibit kelapa sawit. Akibatnya, warga yang mengetahui tanamannya dirusak ramai-ramai mendatangi karyawan dengan membawa senjata tajam dan soda api. Puluhan warga mencoba menghalangi bahkan melarang karyawan membersihkan lahan. Meskipun dilarang, karyawan tetap melaksanakan pekerjaan hingga membuat kelompok penggarap marah. Adu mulut pun tak terelakkan dan berakhir dengan serangan fisik.

"Kami tetap melakukan pembersihan di lahan karena lahan HGU ini milik PTP II," kata Syahrial, karyawan kebun kepada kelompok penggarap. Mendengar jawaban dari karyawan tersebut, kelompok penggarap berang dan langsung menyerang karyawan kebun dengan senjata tajam jenis celurit, kelewang.

Seorang penggarap dan kawan-kawannya memukuli asisten bernama Idham (54) hingga roboh. Melihat kelompok penggarap menyerang.

PERCUT SEITUAN - Bentrok antara karyawan PTPN II dengan warga penggarap lahan yang bernaung dalam Kelompok Forum Tani Sejahtera kembali pecah, Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News