Karzai Kecam Terorisme Global

Karzai Kecam Terorisme Global
Karzai Kecam Terorisme Global
KABUL - Presiden Afghanistan Hamid Karzai memanfaatkan momen 11 September untuk mengecam terorisme internasional. Kemarin (12/9), dalam pernyataan resmi, pemimpin berusia 52 tahun itu mengimbau masyarakat internasional untuk fokus membasmi militan di sarangnya. Lantas, dengan gamblang, dia menyebut Pakistan sebagai sarang teroris.

"Pemerintah Afghanistan mengajak masyarakat internasional dan siapapun yang mendambakan kemenangan dalam perang teror, agar membenahi strategi yang kita gunakan untuk melawan terorisme selama sembilan tahun terakhir," papar Karzai, seperti dikutip Agence France-Presse. Dia juga menawarkan solidaritas antiteror pada Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain yang selalu dibayangi terorisme.

Lebih lanjut, sekutu dekat Washington itu menegaskan bahwa Afghanistan bukanlah tempat kelahiran terorisme. Karena itu, meski selama sembilan tahun terakhir perang antiteror difokuskan di negerinya, dia meminta agar masyarakat internasional tidak mengabaikan negara tetangga Afghanistan. "Sudah waktunya kita fokus pada tempat kelahiran terorisme," ujarnya mengacu pada Pakistan.

Dalam pernyataan yang ditujukan pada Gedung Putih tersebut, Karzai menyebut warga sipil yang menjadi korban dalam perang melawan Taliban sebagai rakyat yang tidak berdosa. "Desa-desa di Afghanistan tidak melahirkan terorisme. Karena itu, tidak selayaknya rakyat yang tidak berdosa menjadi korban dalam perang melawan terorisme," papar presiden lulusan Himachal Pradesh University itu.

KABUL - Presiden Afghanistan Hamid Karzai memanfaatkan momen 11 September untuk mengecam terorisme internasional. Kemarin (12/9), dalam pernyataan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News