Karzai Tuding AS Kolusi dengan Taliban

Karzai Tuding AS Kolusi dengan Taliban
Karzai Tuding AS Kolusi dengan Taliban
KABUL - Menjelang penarikan seluruh pasukan tempur asing dari Afghanistan akhir tahun depan, pemerintahan Presiden Hamid Karzai kian tak harmonis dengan Amerika Serikat (AS). Kemarin (10/3) Karzai menuding AS bekerja sama dengan Taliban demi meyakinkan rakyat Afghanistan bahwa kekerasan akan memburuk di negeri itu jika tentara asing pergi sesuai jadwal pada akhir 2014.

Menurut Karzai, dua bom bunuh diri pada Sabtu lalu (9/3) mengindikasikan serangan Taliban itu sengaja dilancarkan untuk menunjukkan bahwa pasukan internasional masih bakal diperlukan guna menjaga perdamaian di Afghanistan setelah misi tempur yang sekarang berakhir pada 2014. Dua serangan bom bunuh diri itu terjadi di luar markas Dephan (departemen pertahanan) Afghanistan di Kota Kabul dan di dekat pos pemeriksaan polisi di Provinsi Khost.

"Ledakan di Kabul dan Khost itu menunjukkan bahwa mereka (Taliban) bekerja untuk Amerika. Mereka berusaha untuk menakuti kita agar terus berpikir bahwa keberadaan pasukan internasional tetap dibutuhkan di Afghanistan. Jika tidak ada pasukan internasional, kita bakal menghadapi berbagai insiden seperti itu," ungkap Karzai saat berpidato soal kondisi perempuan Afghanistan yang disiarkan televisi secara nasional kemarin.

Sebagai bukti, Karzai membeber bahwa Taliban Afghan dan negeri Paman Sam pernah mengadakan pembicaraan di Qatar. "Para pemimpin senior Taliban dan Amerika terus melakukan pembicaraan di Negara Teluk setiap hari," tutur tokoh yang suka mengenakan feznya (topi atau kopiah) itu.

KABUL - Menjelang penarikan seluruh pasukan tempur asing dari Afghanistan akhir tahun depan, pemerintahan Presiden Hamid Karzai kian tak harmonis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News