Kasal Pimpin Pelaksanaan MNEK 2018 di Lombok

Kasal Pimpin Pelaksanaan MNEK 2018 di Lombok
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi tiba di Lombok guna memimpin pelaksanaan kegiatan latihan internasional 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Killa Beach Lombok, NTB, Jumat (4/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, LOMBOK - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi tiba di Lombok guna memimpin pelaksanaan kegiatan latihan internasional 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Killa Beach Lombok, NTB, Jumat (4/5).

Beberapa saat tiba di Lombok, Kasal langsung menghadiri kegiatan Ice Breaking MNEK 2018. Kegiatan ini juga menghadirkan para pemimpin delegasi Angkatan Laut dari 36 negara peserta.

Dalam acara Ice Breaking ini, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mewakili Kasal mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin delegasi Angkatan Laut negara yang ikut berpartisipasi di Indonesia, khususnya di Pulau Lombok.

Ice Breaking merupakan kegiatan yang diselenggarakan satu hari sebelum resmi dibukanya kegiatan MNEK 2018. Kegiatan ini dibuka oleh pertunjukan Tari gandrung Lombok dance yang diikuti oleh seluruh peserta delegasi negara untuk menari bersama, sehingga membuat suasana semakin meriah.

Pada akhir acara dilaksanakan prosesi simbolis dimana Kasal yang diikuti oleh seluruh peserta memanah sasaran ditengah laut bertuliskan MNEK 2018 dengan menggunakan Busur panah. Hal itu menjadi simbol bahwa negara-negara tersebut menuju satu tujuan yang sama. Dan bersamaan dengan terbakarnya tulisan MNEK 2018, kembang api pun terang benderang menghiasi indahnya Malam di Killa beach.

MNEK 2018 merupakan latihan berskala internasional yang digelar oleh TNI AL pada 4 sampai dengan 9 Mei 2018. Pada tahun ini, mengakat tema “Cooperation to Respons Disaster and Humanitarian Issues “ atau Kerja sama dalam Menanggulangi Bencana dan Masalah Kemanusiaan.

Pada rangkaian MNEK 2018 bukan saja melaksanakan latihan bersama, akan tetapi juga diselenggarakan rangkaian kegiatan lainnya seperti Medical Civic Action Project (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Project (ENCAP) yang dilaksankaan di dua sektor pelaksanaan yaitu di Lombok dan Nusa Penida, Harbour dan Sea phase, City Parade, Maritime Exhibition, Culinary, Mataram Fun Run, City Tour, dan Olahraga bersama.(fri/jpnn)


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin pelaksanaan kegiatan latihan internasional yang diikuti angkatan laut dari 36 negara.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News