JPNN.com

Kaya Akan Mangan dan Kalsium, Ini Manfaat dari Loquat

Selasa, 10 September 2019 – 09:05 WIB Kaya Akan Mangan dan Kalsium, Ini Manfaat dari Loquat - JPNN.com
Buah loquat. Foto: plantogram

jpnn.com - Loquat adalah salah satu buah khas Asia Timur yang digunakan untuk obat dan juga bisa dikonsumsi secara biasa. Ada banyak manfaat buah loquat untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, ternyata bagian daun loquat juga sering diolah menjadi teh dan kemudian digunakan sebagai obat tradisional.

Dua negara penghasil buah loquat ada di Tiongkok dan Jepang. Namun sekarang buah sering diimpor ke berbagai negara sehingga kita juga bisa mengonsumsi loquat. Buah ini bisa dimakan dalam bentuk buah kering, buah segar maupun olahan selai.

Loquat mengandung nutrisi yang sangat lengkap termasuk seperti vitamin, mineral dan berbagai zat lain. Berikut ini adalah daftar manfaat loquat yang bisa Anda ketahui, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Bermanfaat dalam terapi kanker

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak loquat bermanfaat dalam terapi kanker karena kemampuan modulasi kekebalan sitokinnya. Laetrile adalah agen anti kanker yang dikenal. Pektin dalam loquat mempertahankan kelembaban di usus besar dan dengan demikian berfungsi sebagai pencahar massal. Hal ini membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan mengurangi waktu pemaparan terhadap zat-zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

2. Sumber vitamin A yang sangat baik

Loquat adalah sumber vitamin A. Vitamin A menjaga integritas selaput lendir kulit. Konsumsi makanan kaya vitamin A mencegah kanker paru-paru dan gigi berlubang. Vitamin A juga penting untuk kesehatan visual dan gigi seseorang.

3. Kontrol detak jantung dan tekanan darah

Kalium dalam loquat adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

4. Mengurangi tingkat kolesterol darah

Salah satu manfaat loquat terbaik. Pektin juga mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengurangi penyerapan kembali di usus besar dengan mengikat asam empedu yang mengakibatkan ekskresi dari tubuh.

5. Sumber mineral esensial yang baik

Loquat memiliki sumber mineral yang baik seperti besi, tembaga, kalsium, mangan. Mangan digunakan dalam tubuh sebagai faktor pendamping bagi enzim anti-oksidan. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah di mana zat besi diperlukan untuk oksidasi sel dan sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh.

6. Properti anti-peradangan dan analgesik

Daun loquat mengandung kualitas antiinflamasi dan analgesik yang signifikan dan merupakan agen yang berharga dalam pengobatan kanker. Ekstrak daun Loquat juga melindungi tubuh terhadap penuaan sel. Selain itu, daun Loquat juga diyakini memiliki efek pembatasan ringan terhadap HIV. Daun loquat mengandung asam 2-alpha-hydoxyursolic yang juga mengandung efek anti HIV.

8. Kualitas penenang ringan

Loquat memiliki kualitas obat penenang yang ringan dan bisa diolah menjadi sirup batuk yang menenangkan atau pasta untuk meredakan mual. Pasta ini meningkatkan fungsi pernapasan dengan menghilangkan dahak dan membuat seseorang lebih mudah batuk. Daun loquat juga terbukti mempersingkat waktu pemulihan dari penyakit pernapasan.(fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...