Ke Madeira, Mengunjungi 'Rumah Sejarah' Cristiano Ronaldo

Lempar Kursi ke Guru, Pilih Jadi Pemain Sepak Bola

Ke Madeira, Mengunjungi 'Rumah Sejarah' Cristiano Ronaldo
Museum Cristiano Ronaldo yang berada di Jalan Princesa Dona Maria Amelia, Madeira, Portugal. Foto dok. Real Madrid

jpnn.com, JAKARTA - Seakan tak ingin melupakan tanah kelahirannya, pesepak bola Cristiano Ronaldo mendirikan museum pribadi di Funchal, ibu kota Madeira, Portugal. Wartawan Jawa Pos IBNU YUNIANTO Kamis (22/5) mengunjungi museum yang berisi benda-benda bersejarah megabintang Real Madrid itu.

---

MUSEUM Cristiano Ronaldo (CR7) menempati salah satu ruko di Jalan Princesa Dona Maria Amelia, Madeira. Dari Lisbon, ibu kota Portugal, jaraknya sekitar 800 kilometer atau 1 jam 45 menit dengan pesawat. Madeira me­rupakan pulau karang di tengah Samudra Atlantik. Di pulau itu Ronaldo lahir dan tumbuh. Di museum yang baru dibuka Desember tahun lalu tersebut, jejak kebintangan pemain bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aviero itu terekam.

Menurut Alberto Pareia de Sousa, sopir taksi yang mengantarkan saya dari Aeroporto de Madeira (Bandara Madeira), meski masih seumur jagung, museum CR7 sudah begitu dikenal luas hingga luar negeri. Hari itu saja (22/5), kata Sousa, dia sudah mengantar enam penumpang -termasuk saya- menuju museum tersebut.

Museum itu sebenarnya kecil, hanya sekitar 50 meter persegi. Tulisan Museu Cr7 dan foto Cristiano Ronaldo dengan kaus merah menutupi pintu geser pembatas museum dengan area lobi

Untuk dapat masuk, pengunjung harus membayar tiket EUR 6 (sekitar Rp 69 ribu). Dari nomor tiket yang dikeluarkan, saya adalah pengunjung ke-169 hari itu. Lumayan ramai karena museum baru dibuka pukul 09.00 dan saya sampai di lokasi sekitar pukul 12.30.

Saya beruntung masuk museum pas jam istirahat makan siang sehingga pengunjung yang berada di dalam museum hanya sedikit. Lebih beruntung lagi, saat itu sepupu Ronaldo, Nuno Aveiro, juga sedang berada di museum. Dia dengan antusias mau menemani saya melihat-lihat isi museum.

Museum dibuka dengan Hall of Youth, berisi foto-foto masa kecil CR7 dari usia 3 bulan hingga 11 tahun. Menurut Nuno, meski berisi kehidupan pribadi Ronaldo, museum CR7 bukan rumah masa kecil Ronaldo.

Seakan tak ingin melupakan tanah kelahirannya, pesepak bola Cristiano Ronaldo mendirikan museum pribadi di Funchal, ibu kota Madeira, Portugal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News