Rabu, 22 Mei 2019 – 04:14 WIB

Keberadaan Tol Malang – Pandaan Percuma jika tak Ada Sinergi 3 Pemda

Senin, 29 April 2019 – 00:06 WIB
Keberadaan Tol Malang – Pandaan Percuma jika tak Ada Sinergi 3 Pemda - JPNN.COM

jpnn.com - Pengoperasian tol Malang–Pandaan alias Mapan bakal memunculkan masalah serius tidak diiringi rencana strategis dari tiga pemda di Malang Raya. Masalah apa dan bagaimana mengantisipasinya?

--

Warning perlunya kerja sama tiga kepala daerah itu disampaikan Dr M.R. Khairul Muluk SSos MSi dalam One Day Seminar yang digelar Jawa Pos Radar Malang-Universitas Brawijaya Selasa (23/4).

”Kalau akses masuk ke kota lancar, bisa jadi kendaraan akan menumpuk di dalam kota. Ini masalah baru,” ujar Muluk yang didapuk menjadi pemateri ketiga seminar bertajuk ”Tol Mapan: Solusi Baru, Harapan Baru, atau Masalah Baru?” di Guest House UB.

Seminar yang dimoderatori oleh Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad itu menghadirkan tiga pemateri. Selain Muluk, dua pemateri lain adalah Dirut PT Jasa Marga Pandaan–Malang Agus Purnomo dan pakar statistik data Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Drs Kresnayana Yahya.

BACA JUGA: Ada Tol Mapan, Kejayaan Ekonomi Malang Raya Tinggal Menunggu Waktu

Masalah yang dimaksud Muluk adalah, tol Mapan bukan menjadi solusi kemacetan. Melainkan hanya memindahkan kemacetan dari satu titik ke titik lainnya. Misalnya kemacetan di jalan Lawang–Singosari beralih ke pusat kota.

”Makanya harus ditangani secara bersama-sama,” beber pengamat kebijakan publik dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB itu.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar