Kebijakan Ganjil Genap Dinilai Berhasil Urai Kemacetan

Kebijakan Ganjil Genap Dinilai Berhasil Urai Kemacetan
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai, kebijakan pembatasan kendaraan pelat ganjil genap di Jakarta berjalan efektif.

Salah satunya, berhasil mengurai kepadatan kendaraan mobil di jalan protokol Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan, nilai positif lainnya bisa dirasakan masyarakat yang memiliki dua mobil.

Karena, kata dia, masyarakat bisa bergantian menggunakan kendaraannya untuk melewati jalan yang terkena kebijakan ganjil genap.

"Tapi kalau hanya punya satu (mobil) kan bisa cari jalan lain," ujar Pudji di Hotel Merlyn Park Jakarta, Selasa (31/1).

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri ini menuturkan, jika kebijakan ganjil genap tidak diterapkan, maka jalan protokol Jakarta bisa mengalami kemacetan yang luar biasa.

 "Saya pernah bicara ke Pak Dirlantas Polda Metro Jaya, coba sekali-sekali Kebijakan ganjil genap tidak diberlakuka seminggu, pasti akan buat kemacetan yang luar biasa," ucap Pudji.

Menurut Pudji, kebijakan ganjil genap ini juga bisa diterapkan di daerah lain yang mengalami kemacetan, karena padatnya kendaraan mobil.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai, kebijakan pembatasan kendaraan pelat ganjil genap di Jakarta berjalan efektif.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News