Kecelakaan 70% Libatkan Sepeda Motor

Kecelakaan 70% Libatkan Sepeda Motor
Kecelakaan 70% Libatkan Sepeda Motor
JAKARTA--Di Indonesia jumlah kecelakaan yang terjadi pada 2009 ini meningkat menjadi 19 ribu kasus dibandingkan tahun lalu yakni 18 ribu kasus. Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, mengatakan, sekitar 70 persen dari total kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan sepeda motor. "Namun, jika mengacu pada hasil perhitungan Asean Development Bank, angka kecelakaan di Indonesia mencapai hingga 30 kasus ribu per tahun," katanya saat membuka Pekan Nasional Keselamatan Jalan ke-3 tahun 2009 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (24/6).

Kendati mengalami peningkatan pada angka, namun tingkat fatalitas dalam kecelakaan cenderung menurun. Menhub menambahkan, perbedaan penghitungan angka kecelakaan tersebut memberikan persoalan tersendiri dalam mengupayakan penurunan angka kecelakaan. Atas dasar itulah, ke depan, dibutuhkan adanya semacam indeks angka kecelakaan yang bisa dijadikan referensi tetap. ”Kedepannya, data kecelakaan nasional hanya dikeluarkan oleh satu sumber, yaitu oleh pusat informasi Polri. Nanti data itu yang jadi referensi,” katanya.

Dengan empati antarpengguna jalan raya, angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan. Sinergisitas lintas instansi memegang peranan penting untuk menanamkan rasa empati, di masyarakat. "Butuh sinergitas dari semua pihak dan harus dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Menhub.

Dalam pagelaran sendra tari yang memeriahkan acara kampanye yang mengusung tema "Sedikit Empati dapat Menyelamatkan Orang Lain" itu digambarkan betapa pentingnya sinergitas yang disebutkan Menhub tersebut. Lima instansi kunci akan menjadi motor penggerak kesadaran keselamatan di Indonesia. Antara lain Departemen Perhubungan, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional, dan Kepolisian RI.

JAKARTA--Di Indonesia jumlah kecelakaan yang terjadi pada 2009 ini meningkat menjadi 19 ribu kasus dibandingkan tahun lalu yakni 18 ribu kasus. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News