Kecewa Terhadap Budaya Kerja PNS

Kecewa Terhadap Budaya Kerja PNS
Kecewa Terhadap Budaya Kerja PNS
JAKARTA -- Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan&RB) EE Mangindaan mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap budaya kerja PNS yang kebanyakan belum professional. Lebih prihatin lagi, PNS yang tidak profesional itu justru yang bertugas di sektor-sektor layanan publik. PNS dinilai belum paham bagaimana memposisikan dirinya sebagai abdi masyarakat.

“Rata-rata PNS kerjanya belum professional. Mereka masih berpikir kalau mereka hanya mengabdi pada negara, sedangkan publik tidak jadi prioritas. Mindset PNS inilah yang akan diubah,” ujar Mangindaan kepada JPNN, Jumat (30/7).

Diakuinya, di dalam UU Kepegawaian tidak secara tegas menyebutkan pengukuran profesionalisme PNS. Namun secara implisit atau tersirat, diatur tentang kriteria pegawai yang bermutu atau berkualitas.

Mangindaan mencontohkan bagi jabatan perencana, pegawai harus memiliki beberapa kriteria. Di antaranya menguasai bidang ilmu atau pengetahuan tentang perencanaan, memahami visi dan misi organisasi pengusul, memiliki kemampuan analisis, dan memiliki perilaku serta etos kerja yang baik.

JAKARTA -- Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan&RB) EE Mangindaan mengungkapkan rasa keprihatinannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News