Kedelai Naik, Disperindag Siapkan Program

Kedelai Naik, Disperindag Siapkan Program
Kedelai Naik, Disperindag Siapkan Program
SUKABUMI--Melonjaknya harga kedelai di pasaran hingga mencapai Rp 8.700 membuat pemerintah kerja ektra. Kemarin, Kepala Disperindag Provinsi Jabar Ferry Sofwan Arif  bakal menyiapkan program atau langkah alternatif untuk menstabilkan harga kedelai.

Dia mengaku meski harga kedelai tidak bisa dipastikan turun, namun dengan pengajuan untuk mencabut bea masuk sebesar 5 persen para pengusaha kedelai bisa sedikit merasakan angin segar, sebab setidaknya dengan pengurangan bea masuk akan mengurangi harga dari kedelai.

"Kami mengajukan pencabutan bea masuk kepada kementrian perdagangan," ujar Ferry ditemui saat sidak bersama Anggota Komisi B DPRD Jabar dan tim PK Diskoperindag Kabupaten Sukabumi di Pasar Sukaraja kemarin.

Selain itu, Ferry menambahkan pihaknya juga  meminta kepada pemerintah pusat untuk menaikan APBD pertanian sekitar 10 persen bagi wilayah Jawa Barat (Jabar) dari yang sebelumnya sekitar tujuh persen. Hal ini dinilainya belum mencukupi, namun dengan kenaikan dana APBD untuk pertanian tersebut diharapkan menjadi solusi atas keterpurukan di sektor pertanian.

SUKABUMI--Melonjaknya harga kedelai di pasaran hingga mencapai Rp 8.700 membuat pemerintah kerja ektra. Kemarin, Kepala Disperindag Provinsi Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News