Kejutan Awal PDIP Jelang Pilgub Lampung 

Kejutan Awal PDIP Jelang Pilgub Lampung 
Bendera PDIP. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - DPP PDI Perjuangan akhirnya menunjuk Sudin sebagai ketua definitif. Terpilihnya Sudin menjadi kejutan awal jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 27 Juni 2018.

Penetapan Sudin yang menggantikan posisi Sjachroedin Z.P. yang kini menjadi duta besar RI untuk Kroasia ini memang mengejutkan. Sebab, dua nama yang digadang-gadang menjadi ketua adalah Mukhlis Basri dan Bambang Suryadi.

Keputusan Sudin menjadi ketua DPD seperti yang dibacakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jalan P Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin juga tergolong berani. Namun tentu PDIP memiliki perhitungan sendiri.

Dengan berlatar belakang suku Tionghoa, Sudin tentu memiliki kekuatan tersendiri. Apalagi, Sudin yang merupakan adik dari mendiang Yongki, pengusaha besar di Lampung ini, terpilih dua periode sebagai anggota DPR RI. Dengan kekuatan finansial dan jaringan luas, Sudin tentu layak menjadi ketua DPD.

Hasto Kristiyanto dalam rilis yang diterima wartawan kemarin mengatakan, penugasan Sudin sebagai ketua DPD PDIP Lampung karena pengalaman luas di Komisi IV DPR RI untuk petani dan nelayan. Sudin juga dianggap mampu menjadi penengah.

”Karena tidak berambisi untuk menjadi calon cubernur (cagub) maupun calon wakil gubernur (cawagub), Sudin diharapkan dapat bertindak objektif dalam mempersiapkan pilkada serentak 2018,” kata Hasto.

Keputusan kemarin juga menjadi isyarat bahwa bakal ada kejutan dalam penetapan calon gubernur (cagub) dari PDIP. Menurut sumber Radar Lampung di internal partai banteng tersebut, DPP PDIP akan memberikan rekomendasi cagub pada pekan depan.

Opsinya ada dua, rekomendasi akan jatuh ke tangan Herman HN atau Arinal Djunaidi. PDIP akan memberikan rekomendasi kepada Herman sebagai kader internal. Tapi dengan syarat, Herman sudah mendapatkan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampinginya dalam waktu dekat ini.

DPP PDI Perjuangan akhirnya menunjuk Sudin sebagai ketua definitif. Terpilihnya Sudin menjadi kejutan awal jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News