Kejutan Politik Bancakan E-KTP, Waspadai Serangan Balik

Kejutan Politik Bancakan E-KTP, Waspadai Serangan Balik
KPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Deretan nama tenar yang ikut menikmati uang korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bakal terungkap di persidangan hari ini (9/3). Setidaknya itu dijanjikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kejutan politik dipastikan terjadi karena hampir pasti bakal ada sejumlah elit politik tanah air yang terseret dalam perkara itu.

Dari sekian nama yang beredar, ketua DPR Setya Novanto (Setnov) yang paling santer dikaitkan dengan kasus kelas wahid itu.

Bahkan, petinggi Partai Golkar itu disebut-sebut berperan sebagai aktor politik yang mengorganisir skandal e-KTP dengan kerugian keuangan negara bernilai fantastis, Rp 2,3 triliun.

”Kami minta nama-nama yang diduga terlibat dibuka seluas-luasnya oleh KPK,” ujar aktivis Indonesian Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar kepada Jawa Pos.

Nama yang diungkap secara luas nantinya akan dikawal publik yang mendukung upaya pengusutan korupsi berjamaah e-KTP dilakukan secara tuntas.

Namun, upaya mengusut semua nama-nama elit itu diperkirakan bakal mendapat perlawanan. KPK sebagai garda terakhir pemberantasan korupsi menjadi sasaran utama counter attack tersebut.

erangan itu bisa berupa upaya pelemahan KPK secara kelembagaan atau pengurangan kewenangan penindakan tindak pidana korupsi.

Deretan nama tenar yang ikut menikmati uang korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bakal terungkap di persidangan hari ini (9/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News