JPNN.com

Kekuatan Tholut Setara Satu Kompi

Minggu, 26 September 2010 – 04:44 WIB
Kekuatan Tholut Setara Satu Kompi - JPNN.com
GEREBEK - Kapolri Bambang Hendarso Danuri ketika menunjukkan salah seorang pelaku perampokan Bank CIMB Niaga yang tewas saat Tim Densus 88/Anti Teror Mabes Polri melakukan penggerebekan di sejumlah daerah di Sumut, Senin (20/9) lalu. Foto: Andri Ginting/Sumut Pos.
JAKARTA - Kekuatan kelompok Mustofa alias Abu Tholut yang sekarang diburu polisi diduga tak hanya belasan orang. Hasil pemeriksaan sejumlah tersangka yang tertangkap, Abu Tholut  sudah berhasil mengumpulkan kekuatan lintas tanzhim (fraksi) gerakan bawah tanah. Setiap kelompok diduga disokong oleh puluhan orang. Jika digabung, kekuatan Tholut bisa setara dengan satu kompi pasukan (100 orang).

"Ada tiga penyokong utama kekuatan Tholut, yakni NII, eks JI, dan kelompok Ajengan Banten," ujar sumber Jawa Pos di lingkungan anti teror kemarin. Dari 13 orang yang sekarang ditahan di Rutan Brimob ternyata juga berasal dari tanzhim yang berbeda-beda. "Ada eks MMI, ada mantan copet, ada kelompok Solo dan  ada juga rekrutan dari pondok pesantren,"tambah perwira menengah ini.

Jumat lalu (24/09) dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) menjelaskan, para preman berhasil didoktrin kelompok ini untuk melakukan aksi-aksi kriminal dan pembunuhan.

Para preman teroris itu juga jadi otak sejumlah kejahatan berkedok mencari dana jihad di Sumatera Utara. Diantaranya di warnet Sei Sunggal Medan yang terjadi pada Maret 2010 dan menimbulkan kerugian sekitar Rp 57 juta. Selain itu, mereka juga

menyerang dan merampok warnet Medan Baru pada 6 Agustus silam dan membawa kabur satu sepeda motor.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito