Kelaparan di Somalia Terburuk dalam 20 Tahun

Kelaparan di Somalia Terburuk dalam 20 Tahun
Kelaparan di Somalia Terburuk dalam 20 Tahun
NAIROBI - Kelaparan di Somalia benar-benar makin mengkhawatirkan. PBB menyatakan, tragedi kelaparan di negeri timur Afrika itu kali ini merupakan yang terburuk dalam 20 tahun terakhir. Kemarin (21/7) sejumlah organisasi donor menyatakan akan minta bantuan kepada kelompok militan pemberontak Shebab untuk membuka jalur bantuan bagi warga yang sangat memerlukan.

Badan Pangan Dunia (FAO) memperkirakan puluhan ribu orang tewas dalam beberapa bulan terakhir di Somalia akibat kelaparan. Shehab, kelompok pemberontak yang terinspirasi Al Qaeda, telah memohon bantuan kepada dunia internasional awal bulan ini. Mereka menyatakan akan mencabut larangan bantuan asing untuk membantu rakyat Somalia yang sangat menderita akibat kekeringan. Larangan tersebut sudah berlaku selama dua tahun terakhir.

"Kami bermaksud menguji janji mereka (Shebab)," ujar Raj Shah, administrator USAID. "Kami ingin melihat akses tersebut diperluas dengan cepat," tambahnya.

Namun, kata dia, negara-negara donor menginginkan agar bantuan tersebut diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan tidak jatuh ke tangan pemberontak. Washington juga telah memasukkan Shebab dalam daftar organisasi teroris. "Kami ingin meyakinkan bahwa bantuan kemanusiaan kami bisa diterima oleh mereka yang paling membutuhkan," terang Shah.

NAIROBI - Kelaparan di Somalia benar-benar makin mengkhawatirkan. PBB menyatakan, tragedi kelaparan di negeri timur Afrika itu kali ini merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News