JPNN.com

Penjahat Perang Terakhir Serbia Tertangkap

Kamis, 21 Juli 2011 – 14:41 WIB Penjahat Perang Terakhir Serbia Tertangkap - JPNN.com
BEOGRAD – Petualangan dan kehidupan bebas di luar yang dijalani penjahat perang Serbia Goran Hadzic, 52, akhirnya berakhir. Hal itu terjadi setelah pemerintah Serbia menambah panjang prestasinya dalam meringkus penjahat perang. Presiden Boris Tadic mengumumkan keberhasilan pemerintahannya dalam menangkap Goran Hadzic kemarin (20/7).

Hadzic adalah mantan presiden Republik Serbia Krajina sekaligus jenderal Serbia di Kroasia yang menjadi buron sejak 2004.  Dia tercatat sebagai penjahat perang terakhir Serbia yang tertangkap.

’’Pagi ini, pukul 08.24 (sekitar pukul 13.24 WIB), kami berhasil menangkap Goran Hadzic. Lewat penangkapan itu, Serbia mengakhiri episode tersulit dalam hubungannya dengan pengadilan (Pengadilan Kriminal Internasional untuk Yugoslavia atau ICTY),’’ kata Tadic dalam jumpa pers di Kota Beograd kemarin.

Sebelumnya, Serbia telah menangkap beberapa penjahat perang lain. Termasuk mantan Presiden Yugoslavia dan eks Presiden Serbia Slobodan Milosevic yang juga menjadi buron atas kasus yang sama dengan Hadzic. Bersama dua penjahat perang lain, Radovan Karadzic dan Ratko Mladic, Milosevic merupakan jagal sekaligus dalang pembantaian ribuan muslim di Bosnia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...