Suhu Panas Sengat Wilayah AS, 13 Tewas

Badai Debu Hebat Terjang Arizona

Suhu Panas Sengat Wilayah AS, 13 Tewas
Suhu Panas Sengat Wilayah AS, 13 Tewas
CHICAGO – Cuaca tidak bersahabat kembali mendera Negeri Paman Sam. Udara panas menyengat menyelimuti sebagian besar wilayah AS dalam sepekan terakhir. Hingga kemarin (21/7) sedikitnya 13 orang tewas akibat suhu udara atau temperatur tinggi yang melanda 17 negara bagian. Malah pekan depan suhu di kawasan negara bagian tengah AS diramalkan bakal mencapai rekor tertinggi.

Dalam hitungan hari, temperature udara di kawasan itu diperkirakan melampaui 100 derajat Fahrenheit atau 37,7 derajat Celsius. ’’Kombinasi temperatur yang sangat panas dan kelembapan udara yang tinggi akan menciptakan rekor panas tertinggi di wilayah tengah AS,’’ terang Badan Keatmosferan dan Kelautan Nasional AS (NOAA) dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Menurut lembaga tersebut, hawa panas akan bergerak ke arah timur sesuai arah angin. Tetapi, sampai pekan depan, suhu dan kelembapan tinggi akan tetap bertahan di wilayah tengah. ’’Mungkin, pada akhir pekan depan, hawa panas baru akan bergeser ke arah timur,’’ ujar jubir NOAA yang tidak disebutkan namanya tersebut. Sebaliknya, semakin ke barat seperti di wilayah California dan Arizona, suhu udara semakin mendekati normal. Kendati begitu, ada peringatan bahaya kebakaran di Nevada dan Utah.

Selama beberapa hari terakhir ini, Arizona telah dilanda serangkaian badai debu cukup hebat. Dampaknya, badai itu mengakibatkan penundaan penerbangan pesawat. Selain itu, suplai listrik juga terputus.

CHICAGO – Cuaca tidak bersahabat kembali mendera Negeri Paman Sam. Udara panas menyengat menyelimuti sebagian besar wilayah AS dalam sepekan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News