Kelass... Pemkot Banjarmasin Minta Bantuan Belanda Urus Sungai

Kelass... Pemkot Banjarmasin Minta Bantuan Belanda Urus Sungai
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin berencana meminta bantuan Belanda untuk menyusun master plan sungai dan drainase tahun depan. Pasalnya, mereka merasa memiliki kesamaan geografis dengan Belanda.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Banjarmasin, Nurul Fajar Desira mengatakan, Banjarmasin dan Belanda memiliki kesamaan berada kurang dari satu meter di bawah permukaan laut.

“Kondisi ini yang melatarbelakangi kami untuk meminta bantuan pembuatan master plan sungai dan drainase. Di sana (Belanda) terbukti, mereka memiliki sistem drainase yang sangat bagus,” ujarnya di Balai Kota Banjarmasin, kemarin.

Hingga saat ini drainase baru mencakup 30 persen luas wilayah Banjarmasin. Sedangkan 70 persen di antaranya belum tertangani dengan baik. Alasannya selalu soal anggaran yang sedikit. Menurut Fajar, secara historis Belanda pernah menjajah dan pernah merancang pembangunan Banjarmasin.

Contoh peninggalan Belanda yang ada hingga saat ini adalah sistem kanal yang ada di sungai kawasan Jalan A Yani, Sutoyo S, Pulau Bromo, Veteran, dan Sungai Awang. (eka/jos/jpnn)


BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin berencana meminta bantuan Belanda untuk menyusun master plan sungai dan drainase tahun depan. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News