Keluarga Tak Percaya Ichwan Pelaku Bom Kampung Melayu

Keluarga Tak Percaya Ichwan Pelaku Bom Kampung Melayu
Bom Kampung Melayu. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com, BANDUNG - Keluarga dari Ichwan Nurul Salam belum percaya sanak saudara mereka itu adalah pelaku bom di Terminal Kampung Melayu. Namun demikian Polri sudah berujar, Ichwan merupakan pengantin bom yang menewaskan tiga anggota polisi. 

Jawa Pos mendatangi rumah keluarga Ichwan di Cibangkong Sabtu (27/5) kemarin, letaknya hanya beberapa meter di dekat rumah kontrakan Ichwan yang ditutup garis polisi. Rumah tersebut oleh tetangga Ichwan disebut milik orang tua Ichwan. 

Saat bertamu ke kediaman orang tua Ichwan, seorang ibu keluar dari rumah yang berada di gang sempit itu. "Maaf ya, kami tidak bisa ngomong apa pun," ujarnya tepat di depan pintu sembari menunjukkan gerak gerik ingin masuk ke rumah kembali. 

Namun, saat ditanya soal tanggapannya bahwa Ichwan merupakan pelaku pengeboman, dia mengatakan bahwa belum tentu Ichwan yang menjadi pelaku. "Kami tidak percaya Ichwan pelakunya," tuturnya sembari menutup pintu. 

Tetangga Ichwan, Ibu Ade menuturkan bahwa keseharian Ichwan memang tertutup. Walau kelahiran Cibangkong, namun Ichwan selama ini jarang bermain dan bergaul dengan warga sekitar. "Kalau kerjanya jualan susu di dekat rel kereta api tak jauh dari sini," ujarnya.

Dia mengatakan, sebenarnya keluarga Ichwan juga dikenal kurang bergaul. Pasalnya keluarga tersebut memiliki perbedaan dengan masyarakat sekitar. "Warga sini biasanya Nahdatul Ulama tapi keluarga Ichwan sejak kakeknya Pak Sidik itu Persatuan Islam," katanya.

Pengajian dan tahlilan memang tidak pernah diikuti oleh keluarga tersebut. "Kakeknya itu persis gak ikut kalau tahlilan dan semacamnya," paparnya ditemui tepat di samping rumah kontrakan Ichwan. 

Sementara mertua AK terduga pelaku lain, Dedi Sunandi menuturkan, AK selama 13 tahun menjadi menantunya sama sekali tidak aneh-aneh. Selama ini pembicaraan selalu berkutat soal bagaimana bisa mengembangkan usaha. "Bagaimana jualan karpetnya, bagaimana bisa menambah pemasukan," ujarnya. 

Keluarga dari Ichwan Nurul Salam belum percaya sanak saudara mereka itu adalah pelaku bom di Terminal Kampung Melayu. Namun demikian Polri sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News