Kelulusan Unas SD Diserahkan ke Daerah

Kelulusan Unas SD Diserahkan ke Daerah
Kelulusan Unas SD Diserahkan ke Daerah
BOGOR  - Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (unas) SD dan sederajat tidak kalah dengan tingkatan SMP, SMA, dan SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah melatih perwakilan dari dinas pendidikan daerah untuk membuat soal ujian. Mereka berharap, siswa lulus semua dengan soal yang tidak ala kadarnya.

Unas SD tahun ini, dijadwalkan akan digelar serentak di 33 provinsi pada 7-9 Mei. Sementara jadwal ujian susulan direncanakan pada 14-16 Mei. Untuk pengumumannya, dipasrahkan kepada kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Sehingga seperti tahun lalu pengumumannya tidak serentak. Ujian ini akan diikuti sekitar 4 juta siswa SD, MI, dan SDLB.

Direktur Pembinaan SD Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Ibrahim Bafadal mengatakan, Unas SD ini memiliki fungsi layaknya Unas SMP, SMA, dan SMK. Yaitu sebagai evaluasi belajar siswa. Namun, dia mengatakan Kemendikbud berharap seluruh siswa lulus semua dalan ujian ini. "Sebab harus mendukung pada program wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas, red) sembilan tahun," kata dia di SDN 01 Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (1/4).

Jika ada siswa SD yang tidak lulus di dalam ujian ini, maka semangat wajar dikdas sembilan tahun tidak berjalan. Meski demikian, Ibrahim mengatakan Unas SD tidak boleh dijalankan ala kadarnya. Mulai dari persiapan siswa, pembuatan soal, hingga penjagaan ujian harus dijalankan dengan sungguh-sungguh.

BOGOR  - Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (unas) SD dan sederajat tidak kalah dengan tingkatan SMP, SMA, dan SMK. Kementerian Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News