Kemdagri Keluhkan Kinerja Kesbangpol di Daerah

Dianggap Kurang Aktif ajak Ormas Bekerjasama

Kemdagri Keluhkan Kinerja Kesbangpol di Daerah
Kemdagri Keluhkan Kinerja Kesbangpol di Daerah
JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluhkan kinerja Pemerintah Daerah terutama jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dalam membina organisasi kemasyarakatan (ormas) di daerah. Direktur Jendral Kesbangpol Kemendagri, Tanri Bali Lamo menyatakan, kurang aktifnya pemda itu berdampak pada sulitnya antisipasi terhadap potensi gesekan yang mengancam ketertiban umum.

Menurut Tanri, Kesbangpol Daerah seharusnya memedomani Suarat Edaran Mendagri Nomor 44/1999 yang memberi ruang bagi Kesbangpol di daerah untuk mengajak ormas bekerjasama. "Surat deran Mendagri itu merupakan nilai lebih bagi Kesbangpol Daerah dibanding SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya. Hanya kesbangpol yang dibolehkan melakukan kerjasama dengan Ormas, sedangkan SKPD lain tidak," ujar Tanri di kantornya, Kamis (24/2) sore.

Mantan perwira tinggi TNI dengan pangkat terakhir Mayor Jendral itu mengatakan, sejauh ini peluang untuk bekerjasama dengan Ormas itu memang belum dimanfaatkan dengan baik. Tanri bahkan menyebut baru dua provinsi yang sudah bekerjasama dengan Ormas yakni Kesbangpol Riau dan Sulawesi Utara. "Lainnya belum terdengar," ucapnya.

Lebih lanjut Tanri mengatakan, pihaknya sudah meminta Kesbangpol di berbagai daerah untuk mencontoh Kesbangpol Riau dan Sulawesi Utara. Termasuk pula, kata Tanri, dalam hal penyusunan program kerjasama dengan ormas ataupun penganggarannya.

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluhkan kinerja Pemerintah Daerah terutama jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News