Kemendikbud Bangun SMK Tata Boga dan Perhotelan di Malaysia

Kemendikbud Bangun SMK Tata Boga dan Perhotelan di Malaysia
Pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud melakukan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia dengan kompetensi keahlian tata boga dan perhotelan.

Ground breaking pembangunan USB SMK SIKK dilakukan secara daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, pada Jumat (4/9).

“Mohon izinkan kami mengemban amanah menyalurkan dana pembangunan SMK agar digunakan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Wikan menuturkan, dirinya sempat kaget karena selain jurusan tata boga serta perhotelan dan jasa pariwisata, SMK SIKK juga telah memiliki jurusan teknik pesawat terbang yang masih terbilang jarang.

“Ini suatu terobosan yang sangat baik, meski membutuhkan dana besar,” katanya.

Wikan pun menjelaskan, berapa pun anggaran pembangunan yang disiapkan harus diiringi juga dengan kesiapan SDM, baik secara kuantitas maupun kualitas.

"Bagi kami, faktor kesuksesan 80 persen berasal dari manusia yang berani melakukan terobosan ‘link and match’ dengan industri. Tidak hanya ‘pacaran’, tapi ‘menikah’ dengan industri,” terangnya.

Dalam arahannya, Wikan kembali mengingatkan paket pernikahan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan industri yang terdiri atas kurikulum yang disusun bersama antara sekolah dan industri, guru industri yang harus mengajar di SMK, magang yang direncanakan sejak awal bersamaan dengan kurikulum, sertifikasi kompetensi, keterserapan lulusan serta guru yang juga harus dilatih industri secara rutin.

Kemendikbud membangun SMK jurusan tata boga dan perhotelan di Kinibalu, Malaysia melalui ground breaking yang dilakukan secara daring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News