Kemenhub Gelar Survei Lalu Lintas

Kemenhub Gelar Survei Lalu Lintas
Kemenhub Gelar Survei Lalu Lintas
MERAK - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggelar survei lalu lintas transportasi nasional. Di Kota Cilegon, petugas Kemenhub melakukan survei di sejumlah lokasi, yakni di Pelabuhan Merak, Terminal Terpadu Merak (TTM), Stasiun Kereta Api Cilegon, jalan arah Mancak, Ciwandan, dan Puloampel.

Pantauan Radar Banten (JPNN Group) di Pelabuhan Merak, dua petugas Dishub Cilegon menjadi surveyor Kemenhub. Keduanya mewawancarai calon penumpang kapal di depan pintu loket. Iswanto, salah seorang petugas, mengatakan, survei telah dimulai Kamis (13/10) hingga Sabtu (15/10). “Ini tugas dari Kemenhub untuk mengetahui asal mula calon penumpang dan ke mana tujuan penumpang tersebut,” katanya.

Iswanto mengatakan, wawancara dilakukan secara acak kepada para calon penumpang yang terpilih. Yang penting, setiap hari petugas harus mewawancarai sebanyak 275 penumpang. Materi yang ditanyakan kepada para penumpang itu adalah daerah asal dan daerah tujuan, moda transportasi yang digunakan dari daerah asal sampai tempat tujuan, dan biaya transportasi yang dikeluarkan. “Tidak semua calon kita tanya, kita acak saja yang kira-kira bisa menjawab pertanyaan,” katanya.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak La Mane menyambut baik survei dan penelitian Kemenhub tersebut. Ia berharap, survei itu dapat meningkatkan pelayanan semua moda transportasi, termasuk kapal laut. “Survei itu harus bermanfaat, baik untuk penyelenggara sarana transportasi maupun penggunanya,” katanya.

MERAK - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggelar survei lalu lintas transportasi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News