Kemenhub Larang Pilot Citilink Teler Terbangkan Pesawat

Kemenhub Larang Pilot Citilink Teler Terbangkan Pesawat
Ilustrasi: Radar Bali

jpnn.com - JPNN.Com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melarang pilot maskapai penerbangan Citilink yang bernama Tekad Purna untuk menerbangkan pesawat. Penyebabnya adalah dugaan Tekad teler jelang menerbangkan pesawat dengan rute Surabaya-Jakarta, pada Rabu (28/12).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Bambang S Ervan mengatakan, kementeriannya tengah memeriksa Tekad. Sembari menunggu hasil pemeriksaan, Tekad untuk sementara tidak diizinkan menerbangkan pesawat.

"Dan sampai hasil pemeriksaan belum ditetapkan pilot dilarang terbang (gounded)," ujar Bambang sebagaimana dikutip JawaPos.Com, Jumat (30/12).

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga telah menginstruksikan manajemen Citilink untuk mengambil langkah tegas kepada Kapten Tekad. Apabila hasil pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan prosedur secara sistematis menemukan adanya pelanggaran, sambungnya, maka Kapten Tekad harus dikenai sanksi tegas.

Bambang menambahkan, jika Tekad terbukti mabuk maka hal itu sangat membahayakan kesemalatan penerbangan. "Kemenhub selalu tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh awak pesawat yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan," katanya.

Sekadar informasi, Tekad diduga mabuk saat hendak menerbangkan pesawat Citilink dari Bandara Juanda, Surabaya tujuan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/12). Pesawat yang seharusnya take off pukul 05.15 WIB tertunda hingga satu jam karena Tekad bertindak aneh. 

Salah seorang penumpang menceritakan, pilot Tekad Purna menyampaikan pengumuman dari kokpit dengan cara yang tidak biasa. Omongannya sudah tidak jelas sehingga penumpang panik.

Setelah itu penumpang diminta kembali ke ruang tunggu. Pihak maskapai memutuskan untuk mengganti pilot.

JPNN.Com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melarang pilot maskapai penerbangan Citilink yang bernama Tekad Purna untuk menerbangkan pesawat.

Sumber JawaPos.Com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News