Kemenkominfo Mengajak Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Menjaga Keamanan Digital

Kemenkominfo Mengajak Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Menjaga Keamanan Digital
Pembekalan literasi digital dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2023. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) mengajak mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta ikut menjaga keamanan di dunia digital. Hal ini sekaligus merupakan salah satu upaya mendorong peningkatan indeks literasi digital, khususnya pada pilar digital safety.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo Boni Pudjianto mengungkapkan sesuai Indeks Literasi Digital Nasional tahun 2022, pilar digital safety ini memiliki indeks terendah dibandingkan pilar lain, yaitu 3,12.

"Oleh karena itu, mahasiswa menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan di dunia digital. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga masyarakat,” ujar Boni Pudjianto saat memberikan pembekalan literasi digital dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Veteran Yogyakarta tahun 2023 baru-baru ini.

Boni Pudjianto menambahkan saat ini masih banyak kejahatan yang terjadi di dunia digital. Tidak hanya pada sisi konten negatif, tetapi kejahatan digital modusnya pun makin beragam.

“Kejahatan dunia digital ini sekarang marak dengan berbagai teknik. Dari yang sifatnya fisik, scamming, bahkan social engineering. Jadi, penting untuk berhati-hati,” tuturnya.

Oleh karena itu, Boni pun menjelaskan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan para mahasiswa untuk meningkatkan keamanan digital. Pertama, mereka perlu mengamankan perangkat digital yang digunakan.

Yang paling sederhana adalah saat login ke perangkat digital yang adik-adik gunakan. Penting untuk menjaga akun secara rutin, mulai dari mengubah password secara rutin dan menghindari menggunakan satu password untuk semua akun.

Yang kedua, lanjutnya, mengamankan identitas digital. Penting untuk menjaga data identitas yang dipakai di ruang digital agar tidak digunakan orang lain.

Kemenkominfo mengajak mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta menjaga keamanan di dunia digital sekaligus mendorong literasi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News