Sabtu, 20 Oktober 2018 – 05:32 WIB

Kemenkum HAM Kenalkan Buku Paspor Baru

Senin, 27 Januari 2014 – 12:54 WIB
Kemenkum HAM Kenalkan Buku Paspor Baru - JPNN.COM

Paspor baru yang diperkenalkan Kemenkum HAM. FOTO: JAWA POS

JAKARTA - Warga negara Indonesia bakal memiliki paspor dengan desain baru. Bertepatan dengan hari jadi ke-64, Ditjen Imigrasi memperkenalkan tampilan baru buku berwarna hijau tersebut kemarin (26/1). Yang paling mencolok dari paspor baru itu adalah halaman identitas.

Kalau sebelumnya halaman identitas yang berisi foto dan keterangan pemilik paspor itu terbuat dari kertas, kini tidak lagi

Ditjen Imigrasi menggunakan bahan polycarbonate yang lebih tebal dan kaku daripada kertas. Nah, semua keterangan langsung dicetak ke dalam material plastik itu.

Jadi, tidak ada lagi proses laminasi untuk melindungi foto dan data pemilik paspor. Pengamanan dalam halaman identitas tersebut memang mendapat porsi perubahan paling banyak. 

Menjadi penting karena lembar itulah yang selama ini kerap dipalsu. Modusnya, menggosok foto dan menggantinya dengan wajah lain. "Lebih aman. Tidak bisa digosok-gosok lagi untuk mengganti identitas," ujar Menkum HAM Amir Syamsudin di Kantor Ditjen Imigrasi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, kemarin.

Pembeda lain dengan halaman identitas di paspor lama adalah keberadaan foto. Seperti diketahui, hanya ada satu foto yang tercantum pada halaman tersebut. Untuk kepentingan keamanan, foto dalam paspor kini dibuat menjadi tiga jenis. Di sisi kanan, ada foto dengan teknik tiga dimensi (3D) yang diletakkan di bawah nomor paspor. Lantas, di ujung kiri ada foto besar dengan teknik cetak biasa. Yang ketiga, foto diletakkan di tengah.

Sepintas, foto ketiga itu tidak terlihat. Tapi, kalau paspor diterawang, akan terlihat foto lagi. Mirip dengan tanda air gambar pahlawan di uang kertas rupiah. Sedangkan pada sampul paspor, ada tanda fluorescent berwarna merah dengan tulisan Republik Indonesia.

"Untuk halaman lainnya bertema flora, fauna, dan sesuatu yang menjadi ciri khas Indonesia," imbuh Amir. Memang tema mozaik Indonesia mewarnai lembar halaman paspor. Mulai keindahan alam Bali, Candi Borobudur, badak bercula satu, ondel-ondel, hingga karapan sapi. (dim/mia/agm) 

SHARES
TAGS   paspor
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar