Kementan, Kemenparekraf, dan Hotel Accor Angkat UMKM Pangan Lokal

Kementan, Kemenparekraf, dan Hotel Accor Angkat UMKM Pangan Lokal
Kementan berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan Hotel Accor untuk menggairahkan produk pangan lokal dari UMKM. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Hotel Accor Group bekerja sama untuk terus menggairahkan pangan lokal.

Hal tersebut dapat menggeliatkan kembali perekonomian bangsa.

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan melakukan transformasi dengan mengembangkan UMKM pangan lokal yang berperan sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno menyatakan, sinergi antarmata rantai usaha pariwisata dan ekonomi kreatif harus dioptimalkan.

''Dengan melakukan kemitraan usaha pariwisata dengan UMKM sektor ekonomi kreatif,'' ucapnya.

Rantai pasok dikuatkan untuk mempertemukan industri besar sebagai demand dan UMKM sebagai suplai.

''Harapannya, hubungan ini bisa terus terjalin dan berkelanjutan," kata Sandiaga dalam Bimbingan Teknis dan Sosialisasi (BTS) Propraktani yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Selasa (1/3).

Selain itu, upaya menggairahkan UMKM pangan lokal juga bertujuan meningkatkan usaha agar industri UMKM memenuhi standar industri besar, seperti kualitas, harga, distribusi, payment, dan standar kebutuhan lain.

Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Hotel Accor Group berkolaborasi untuk mengangkat pangan lokal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News