Kementan Meraih Penghargaan Bhumandala

Kementan Meraih Penghargaan Bhumandala
Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Ketut Kariyasa saat menerima penghargaan Bhumandala Ariti. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menerima penghargaan Bhumandala Ariti atas pencapaian dalam mengembangkan simpul jaringan dan meningkatkan pemanfaatan informasi geospasial yang inspiratif untuk mendukung pelaksanaan kebijakan satu peta dan pembangunan yang berkelanjutan.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Ketut Kariyasa yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak.

"Kami juga terus meningkatkan pemanfaatan informasi geospasial dalam mendukung kebijakan satu peta ke depan," kata Ketut di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (11/12).

Bhumandala adalah penghargaan bergengsi yang memiliki komponen lima pilar jaringan informasi geospasial nasional (JIGN).

Lima pilar itu adalah kebijakan, kelembagaan, sumberdaya manusia, standar dan teknologi.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan metode monitoring dan evaluasi sesuai amanat Perpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP) serta komitmen penyelenggaraan informasi geospasial yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu database spasial, dan satu geoportal.

Tahun ini, ajang Bhumandala telah memasuki tahun ketiga sejak pertama kali diselenggarakan pada 2014 lalu.

Setiap tahun, rangkaian acara selalu disinergikan dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Kementerian Pertanian (Kementan) menerima penghargaan Bhumandala Ariti atas pencapaian dalam mengembangkan simpul jaringan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News