Kementan Pastikan H-4 Lebaran Harga Masih Stabil

Kementan Pastikan H-4 Lebaran Harga Masih Stabil
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (nomor dua dari kiri) dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam sidak stok pangan jelang Ramadan di Pasar Beras Cipinang. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian memastikan harga sembilan bahan pokok (sembako) pangan hingga H-4 Lebaran masih stabil.

Sejauh ini, tidak ada lonjakan harga yang terjadi di seluruh Indonesia.

"Kami bersyukur minggu terakhir Ramadan, harga bahan pangan pokok di Indonesia tidak mengalami gejolak. Harga terkendali seperti mengulang tahun lalu," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta Selatan, Senin (11/6).

Menurut Agung, tiga bulan sebelum memasuki Ramadan, pihaknya meningkatkan produksi sembako 30 persen. Karena itu, kata Agung, stok pangan di Indonesia aman sehingga menekan keterlangkaan bahan.

"Kedua, kami menjaga supply dari produse ke pasar bersama kementerian lain. Distribusi dibuka lebar agar tidam macet. Dengan demikian keberadaan pangan tepat waktu," kata Agung.

Selain itu, lanjut Agung, pihaknya juga mengendalikan harga di tingkat konsumen dengan memator harga eceran tertinggi (HET).

Lalu, Kementan kata Agung, juga membangun gerai-gerainya bernama Toko Tani Indonesia (TTI) di setiap kecamatan.

"Itu garansi untuk menjaga harga. Toko Tani juga berperan untuk menghilangkan rantai pasok yang selama ini menaikkan harga," tandas dia. (tan/jpnn)


Kementerian Pertanian juga mengendalikan harga di tingkat konsumen dengan memator harga eceran tertinggi (HET).


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News