Kemnaker Lepas Keberangkatan 250 Pekerja Migran Sektor Perkebunan ke UK

Kemnaker Lepas Keberangkatan 250 Pekerja Migran Sektor Perkebunan ke UK
Dirjen Binapenta & PKK Kemnaker Suhartono didampingi Stafsus Dita Indah Sari dan Ketua Umum APJATI Ayub Basalamah secara simbolis melepas keberangkatan 250 pekerja migran Indonesia sektor perkebunan ke UK, Minggu (3/7). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melaksanakan acara pelepasan perdana 250 pekerja migran Indonesia sektor formal Agriculture Workers (pekerja pertanian musiman) ke negara United Kingdom (UK).

Mereka berangkat melalui perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI), PT Alzubara Manpower Indonesia.

Pelepasan perdana sebanyak 250 pekerja migran secara simbolis dilakukan Dirjen Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Suhartono didampingi Stafsus Dita Indah Sari dan Ketua Umum APJATI Ayub Basalamah di ruang Serbaguna Kemnaker, Jakarta, Minggu (3/7).

Dirjen Suhartono dalam arahannya menyampaikan perasaan bangganya melepas 250 pekerja migran sektor perkebunan ke UK.

Dia menyebutkan formasi sektor perkebunan di UK, di antaranya Clock House Ltd (Firmin, Kenth word, Cox Health, Salman), MansField, Alan Hill Scotland, Dearnsdale, J Myath, G.H Dean dan Oakdane.

Menurut Suhartono, seluruh pekerja yang akan diberangkatkan ini telah menjalani seluruh proses yang dipersyaratkan oleh Undang-Undang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI) Nomor 18 Tahun 2017 beserta turunannya.

"Permintaan tenaga kerja yang cukup tinggi di sektor perkebunan di UK ini menunjukkan bahwa kesempatan kerja bagi para pencari kerja luar negeri begitu besar dan kesempatan ini turut menyerap suplai angkatan kerja Indonesia," kata Dirjen Suhartono.

Terkait hal tersebut, Suhartono meminta P3MI tak hanya sekadar mencari peluang kerja, tetapi juga harus menempatkan pekerja migran Indonesia yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi serta memiliki etos kerja baik, sehingga akan meminimalisasi permasalahan di masa mendatang.

Dirjen Binapenta & PKK Kemnaker Suhartono secara simbolis melepas keberangkatan 250 pekerja migran Indonesia sektor perkebunan ke UK, Minggu (3/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News