Kepala BKSDA Akui Kebakaran Hutan Disengaja

Gubernur Minta Polda Segera Ungkap Pelaku

Kepala BKSDA Akui Kebakaran Hutan Disengaja
Kepala BKSDA Akui Kebakaran Hutan Disengaja
JAMBI - Dugaan kebakaran lahan dan hutan yang marak terjadi di beberapa daerah Jambi saat ini yang disengaja, dibenarkan oleh Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi Tri Siswono Raharjo dan Kapolres Tanjab Timur AKBP Budi Swasono. Selain faktor kesengajaan, menurut keduanya, faktor kelalaian juga sebagai penyebab kebakaran.

"Ya kebakaran itu memang disengaja," Tri Siswono Raharjo kepada Jambi Independent (JPNN Grup), Jumat (9/9). Menurut dia, kebakaran tersebut disengaja oleh orang-orang yang membuka lahan atau mereka yang sengaja membuang puntung rokok. Bahkan di kawasan Tahura, diakuinya adalah sisa api dari warga yang berburu atau memancing dan menginap di hutan.

Dia mencontohkan kebakaran di Taman Hutan Raya (Tahura), mereka menemukan sisa api dari warga yang berburu atau memancing dan menginap di hutan. Namun, dia menegaskan, kebakaran di Tahura dan di lahan perusahaan, bukan sengaja dilakukan pihak perusahaan.

"Saya rasa tidak mungkin orang-orang perusahaan. Karena, mana mau perkebunn sawit mereka ikut terbakar," katanya. Tri mengakui, sebagian ada kebakaran berasal dari perusahaan, tetapi bukan oleh pihak perusahaan.

JAMBI - Dugaan kebakaran lahan dan hutan yang marak terjadi di beberapa daerah Jambi saat ini yang disengaja, dibenarkan oleh Kepala Badan Konservasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News