Kepala Daerah di Luar Jawa-Bali Diminta Siapkan Skenario Terburuk

Kepala Daerah di Luar Jawa-Bali Diminta Siapkan Skenario Terburuk
ILustrasi: Anggota DPR RI Charles Honoris berinteraksi dengan warga saat menyerap aspirasi memanfaatkan masa reses di Gang RS Pelni, Slipi, Jakarta Barat, Senin (13/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris meminta para kepala daerah di luar Pulau Jawa dan Bali, untuk menyiapkan skenario terburuk untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Charles mengingatkan hal tersebut berkaca dari kondisi yang dialami DKI Jakarta.

Fasilitas kesehatan yang ada terbilang baik, namun tetap kewalahan menghadapi lonjakan kasus yang begitu tinggi.

"Saya tidak bisa terbayang di wilayah lain yang saat ini fasilitas kesehatannya tidak sebaik di Pulau Jawa apabila menghadapi kondisi yang sama seperti ini. Mungkin akan lebih mengerikan lagi," ujar Charles dalam siaran pers yang diterima, Senin (5/7).

Politikus PDI Perjuangan ini kemudian mengingatkan pejabat dan masyarakat di daerah luar Jawa-Bali agar tidak lengah meskipun wilayahnya tidak diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Dia berharap pemerintah daerah di luar Jawa-Bali bisa fokus dalam penanganan COVID-19 dan memastikan wilayahnya melakukan pembatasan sosial secara ketat.

"Tempat yang saat ini masih hijau, jangan menjadi merah," ujar Charles saat meninjau vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum, termasuk remaja di atas 12 tahun, di Pura Chandra Prabha Jelambar, Jakarta.

Charles menyayangkan euforia masyarakat yang wilayahnya tidak diberlakukan PPKM darurat.

Charles meminta para kepala daerah di luar Jawa-Bali menyiapkan skenario terburuk dalam penanganan COVID-19.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News