Kepala UPAS Sebut Bus Sekolah Bagian dari Pendidikan Lingkungan Sejak Dini

Kepala UPAS Sebut Bus Sekolah Bagian dari Pendidikan Lingkungan Sejak Dini
Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman mengatakan bus sekolah merupakan salah satu sarana transportasi sekaligus penanaman nilai pada anak. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman mengatakan bus sekolah merupakan salah satu sarana transportasi sekaligus penanaman nilai kepada generasi muda.

Faris menyebut dengan pembiasaan menggunakan transportasi massal generasi penerus bangsa mendapatkan manfaat positif terhadap lingkungan di masa mendatang.

Setidaknya, Faris menjelaskan ada delapan manfaat yang didapatkan jika anak sekolah menggunakan bus sekolah.

Pertama, mengurangi ketergantungan dari kendaraan pribadi.

"Supaya mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi ketika mereka dewasa. Hal ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi polutan," kata Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman di Jakarta pada Selasa (22/8).

Kemudian, kedua, pendidikan lingkungan pada generasi yang diajarkan untuk menggunakan transportasi umum akan lebih memahami pentingnya mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan pribadi.

Ketiga, mengajarkan kemandirian.

"Sebab, menggunakan transportasi umum memerlukan keterampilan tertentu, seperti membaca jadwal, mengetahui rute, dan interaksi sosial dengan penumpang lain. Keterampilan ini dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri," ujar Faris.

Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman mengatakan bus sekolah merupakan salah satu sarana transportasi sekaligus penanaman nilai pada anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News