Kepincut Pesona Pulau Ini, Wisman Negeri Jiran Ungguli TKI

Kepincut Pesona Pulau Ini, Wisman Negeri Jiran Ungguli TKI
Salah satu Masjid di Pulau Lombok. Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal. FOTO: Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com - MATARAM – Wisatawan Malaysia semakin kepincut oleh pesona Pulau Lombok dan Sumbawa. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB mengklaim kunjungan pelancong asal negeri Jiran tersebut terus mengalami peningkatan selama beberapa waktu terakhir.

“Sekarang pergerakan wisatawan asal Malaysia menuju Lombok mencapai 100 persen,” kata Kepala Disbudpar NTB Lalu Mohammad Faozal dilansir Lombok Post (Grup JPNN).

Saat ini, wisatawan asal Malaysia mulai mendominasi angka penerbangan menuju Lombok. Dari 180 kursi yang disediakan maskapai Air Asia dari Malaysia menuju Lombok Internasional Airport (LIA) yang melakukan penerbangan sehari dua kali sudah tidak lagi di dominasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Warga Malaysia yang ingin berlibur ke daerah ini jauh lebih banyak.

“Jadi penerbangan itu sekarang lebih banyak diisi wisatawan Malaysia sendiri. Beda dengan dulu kan lebih banyak diisi TKI,” paparnya.

Saat penyelenggaraan Table Top di Malaysia beberapa waktu lalu, ujar Faozal, paket perjalanan ke Lombok pun laris manis. Sebanyak 28 agen perjalanan wisata yang mengikuti kegiatan itu mampu menjual paket senilai transaksi mencapai Rp 10,1 miliar dalam sehari.

“Sebagian besar tertarik dengan keindahan pantai di Lombok karena di Malaysia kan tidak banyak pantai seindah di sini,” katanya.

Menurutnya, semakin membanjirnya pelancong asal Negeri Jiran itu juga tak terlepas dari daya tarik Lombok sebagai destinasi halal. Seperti diketahui, Lombok sukses memboyong penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia dan destinasi bulan madu halal terbaik dunia pada tahun  2015.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, ini menjadi salah satu daya pikat wisatawan Malaysia berkunjung ke Pulau seribu masjid.

MATARAM – Wisatawan Malaysia semakin kepincut oleh pesona Pulau Lombok dan Sumbawa. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB mengklaim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News