Keren, Film Marlina Akan Wakili Indonesia dalam Oscar 2019

Keren, Film Marlina Akan Wakili Indonesia dalam Oscar 2019
Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Foto: Cinesurya

jpnn.com, JAKARTA - Komite seleksi Best Foreign Language Oscar ke 91 memilih film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Oscar ke-91 tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Seleksi Christine Hakim, Selasa (18/9). Dia mengatakan bahwa Marlina terpilih setelah menyisihkan 100 film nasional lainnya yang beredar setahun lalu.

"Unsur-unsur yang dipertimbangkan untuk kategori ini meliputi semua unsur. Baik dari tema, dan semua unsur pendukungnya," kata Christine Hakim di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/9).

Menurut aktris senior itu, ajang bergengsi ini bukan festival untuk memilih yang terbaik. Tapi memilih yang sesuai dengan karakteristik Oscar. Sehingga film Indonesia bisa bersaing dalam ajang tersebut.

"Kalau bisa, kita ingin memilih lebih dari satu. Tapi, sayangnya setiap negara harus memilih satu," jelasnya.

Anggota Komite Oscar 2019 berjumlah 13 orang. Di antaranya Alim Sudio, Reza Rahadian, Benni Setiawan, Christine Hakim, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Yenny Rachman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain.

Menurut Reza Rahadian, film Marlina mempunyai lokal wisdom yang sangat kuat. Dari setting, cerita dan lainnya. Sehingga menurutnya film ini layak mewakili Indonesia.

"Selain itu, dalam kategori ini, banyak negara yang mengirim film yang berisi isu kemanusian dan gender. Apakah teknis berpengaruh, iya. Jadi sangat komplit film ini," ucap Reza.

Komite seleksi Best Foreign Language Oscar ke 91 memilih film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News