Keseruan Warga Indonesia di Geelong, Australia Merayakan HUT RI untuk Melepas Rindu

Keseruan Warga Indonesia di Geelong, Australia Merayakan HUT RI untuk Melepas Rindu
Diaspora Indonesia di Geelong merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di salah satu rumah warga.  (Foto: ABC News, Indonesia)

Geelong adalah kota terbesar kedua di negara bagian Victoria, setelah kota Melbourne.

Di kota ini terdapat warga diaspora Indonesia yang sudah menetap, baik untuk bekerja maupun belajar, meski jumlahnya tak sebanyak di Melbourne.

Salah satu kelompok diaspora Indonesia yang aktif adalah Pengajian Geelong.

Mereka rutin menggelar pertemuan, setidaknya sekali dalam sebulan.

Bulan Agustus ini, pertemuan yang digelar bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam dan 17-an di rumah pasangan Satrio Galih Saputro dan Siti Shalah Fauziyah Arif.

"Tujuannya untuk melepas rindu dan biar kita enggak lupa walaupun kita tinggal di Australia, hati kita, darah kita, masih Indonesia," ujar Ala, panggilan akrab Shalah.

Ala mengatakan meski perayaan dilakukan secara "sederhana" saja, ia mengaku merasa terharu melihat kebersamaan yang ditunjukkan warga Indonesia di Geelong.

"Alhamdulillah warga Indonesia di Geelong guyub banget, semua bergotong royong, saling bawa makanan ke acara ini, bawa perlengkapan untuk lomba dan saling support," ujarnya.

Di kota ini terdapat warga diaspora Indonesia yang sudah menetap, baik untuk bekerja maupun belajar, meski jumlahnya tak sebanyak di Melbourne.

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News