Ketahuan Pakai Joki, 3 Peserta Tes CPNS Kemenkumham Dicoret

Ketahuan Pakai Joki, 3 Peserta Tes CPNS Kemenkumham Dicoret
Para peserta tes CPNS Kemenkumham berdesak-desakan mengecek nama mereka di kertas pengumuman ditempel di tripleks, Kamis (5/10). Foto: Gamel/Cenderawasih Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Tiga peserta tes CPNS Kemenkumham Provinsi Papua ketahuan menggunakan jasa joki saat ujian tertulis. Ketiganya langsung dicoret.

Aksi curang itu ketahuan lantaran panitia pengawas ujian cukup jeli ketika mencocokkan identitas peserta ujian yang sebenarnya dengan identitas si joki.

"Iya ada tiga orang yang kami coret, karena kedapatan berbuat curang. Ada yang kakaknya mau melahirkan akhirnya adiknya yang disuruh menggantikan, lalu ada dua lagi yang pesertanya sakit kemudian digantikan keluarganya," kata Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham, Sismolo di ruang kerjanya Kamis (5/10).

Dari hari pengumuman tes CPNS Kemenkumham kemarin, Sismolo juga menambahkan bahwa dari total peserta yang mendaftar tercatat ada 8936 peserta, namun yang mengembalikan berkas lewat PO BOX hanya 5.842 orang.

Untuk peserta ijazah D3 di Papua ternyata tak satupun yang dinyatakan lolos jika acuannya passing grade secara nasional. Namun, aka nada kebijakan khusus dari Kemenpan-RB sehingga putra asli daerah Papua bisa terakomodir.

"Jika mau dilihat dari nilai standart memang masih di bawah grade, namun ada kebijakan dari pemerintah terkait rangkingnya sehingga peluang untuk anak-anak Papua tetap terbuka," tambah Sismolo. (oel/ade/tri)


Aksi curang peserta tes CPNS Kemenkumham dengan menggunakan jasa joki bisa ketahuan lantaran panitia pengawas ujian cukup jeli.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News