88% Peserta CPNS Kemenkumham Gagal, Ini Penyebabnya

88% Peserta CPNS Kemenkumham Gagal, Ini Penyebabnya
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 88 persen peserta CPNS Kementerian Hukum dan HAM yang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) harus menelan kegagalan. Pasalnya, hasil tes mereka di bawah passing grade yang ditentukan pemerintah.

Passing grade CPNS 2017 adalah 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, total peserta SKD CAT BKN untuk CPNS formasi Kemenkumhan per 14 September sebanyak 93.669 orang. Yang lolos passing grade sebanyak 11.118 atau 11,87 persen.

"Dari 93 ribuan peserta tes, yang lolos hanya 11 persen lebih. Nilai tertinggi peserta 418," ungkap Ridwan yang dihubungi, Kamis (14/9).

Dia menyebutkan, banyak pelamar yang gagal di tes wawasan kebangsaan dan karakteristik pribadi. Sedangkan untuk tes intelegensia umum, rerata nilai peserta tinggi.

"Wawasan kebangsaan dan karakteristik pribadi walau nilainya kecil tapi banyak yang gagal di situ," tandasnya. (esy/jpnn)

Total peserta SKD CAT BKN untuk CPNS formasi Kemenkumhan per 14 September sebanyak 93.669 orang. Yang lolos passing grade sebanyak 11.118 atau 11,87 persen.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News